Wednesday, January 3, 2018

Mengelola Emosi

Bismillahirrohmaanirrohiim...
Kali ini tentang emosi, dimana setiap manusia pasti memilikinya entah itu emosi positif maupun emosi negatif. Yang akan saya bahas kali ini adalah bagaimana mengelola emosi negatif ala bunda Zahira....
Adapun tips mudah untuk mengelola emosi negatif adalah :
1. Jika kamu marah dalam kondisi berdiri maka coalah untuk duduk, jika masih tidak mampu menahan emosi maka tidurlah, sebelumnya minumlah air putih maka setelah bangun InsyaaAllah emosi negatif dalam dirimu akan segera teredam.
2. Berilah waktu barang semenit saja dalam kondisi marahmu itu, dan katakan pada diri sendiri "disyurga tidak ada yang pemarah, jadi kenapa aku harus sia-sia dengan kemarahanku" maka setelah itu tahanlah apa yang akan kamu ucapkan ketika marah.
3. Berusahalah untuk mengeluarkan emosi negatif dalam dirimu setiap mau tidur atau bangun tidur dengan merenungi apa saja yang telah kau lakukan selama satu hari ini, apakah kau merasa tersakiti ataupun menyakiti, terus masuk didalamnya, menangis tidak apa-apa, karena setelah kau melepas dengan tangismu itu maka keluar juga emosi negatifmu.
4. Biasakan untuk "body shaking", latihan membuang emosi negatif dengan menggerakkan tubuh secara refleks. Banyak contohnya di youtube sehingga saya tidak akan mencontohkannya ataupun menerangkan bagaimana caranya. Namun jika telah melakukan langkah yang benar namun tidak bisa bergetar tubuhnya maka pancinglah sebentar dengan menggetarkannya kemudian biarkan tubuhmu mengikuti getarannya.
5. Perbanyaklah istighfar, bukan hanya lisan namun resapi dengan hati apalagi sambil mengingat emosi kita.
6. Seringlah melakukan pernafasan perut yang panjang, dan keluarkan melalui mulut secara perlahan. Berilah ruang untuk syaraf kepala agar tidak tegang.
7. Ingatlah, emosi negatif hanya akan sia-sia saja. Tersenyumlah, dunia ini masih mau bersahabat dengan kita.
8. Sholat malam lah, mengadu pada Rabb mu.
InsyaaAllah itu tips ala bunda Zahira, semoga bermanfaat....

Bunda Zahira
03 Januari 2018

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
 

CAHAYA HATI Template by Ipietoon Cute Blog Design