Thursday, January 4, 2018

Napak Tilas Sukses Anak Sejak Dini

Bismillahirrohmaanirrohiim...

Mempunyai anak yang sukses merupakan dambaan bagi setiap orang tua, apalagi kalau satu kesuksesannya menginspirasi kesuksesannya yang lain hingga si anak bisa bahagia dan mengelola langkahnya menjadi sukses di segala bidang. Disini saya sebagai seorang mahmud (mamah muda) ingin belajar bagaimana caranya menapak tilas sukses anak sejak dini dari buku karya Miftahul Jinan ini, menginspirasi sang anak untuk berproses dalam suksesnya.

Dalam buku berjudul "Napak Tilas Sukses Anak" karya Miftahul Jinan ini, dijelaskan beberapa manfaat program napak tilas ini bagi orang tua maupun anak yaitu :
  1. Apresiasi Sukses, yaitu membiasakan anak untuk menghargai sukses dalam bentuk sekecil apapun. 
  2. Review Sukses, napak tilas kesuksesan memungkinkan anak untuk mereview kembali jenis dan tahapan sukses yang baru ia capai. 
  3. Pendorong Sukses, napak tilas memungkinkan anak untuk mengidentifikasi hal yang mendorong ia sukses, dimana pada masa yang akan datang ia akan mudah mengulang kembali. 
  4. Konsep diri, dengan napak tilas sukses, berarti kita telah memperteguh minset sukses didalam fikiran anak, dan ini dapat membangun konsep diri yang positif pada diri anak. 
  5. Virus Sukses, semakin sering kita napak tilas kesuksesan anak kita, kita sebenarnya telah memasukkan "virus" sukses ke dalam fikiran bawah sadar anak. Sehingga saat mereka mendapatkan tantangan hidup yang akan datang, spontanitas mereka langsung tertuju kisah sukses yang lalu. 

Nah, bagaimana bunda? banyak sekali manfaat menariknya yang dapat kita ambil. Sebenarnya bagaimana sih caranya menapak tilas sukses anak itu? Pada dasarnya kunci dari napak tilas sukses anak adalah "komunikasi" antara orang tua dan anak. Dengan dialog yang intens antara orang tua dan anak, kita mampu memperjelas tahapan yang belum sempurna, menghindari hambatan-hambatan yang sering terjadi dan memasukkan nilai-nilai bahwa sebuah sukses perlu sebuah perjuangan. Sehingga pada peristiwa yang akan datang anak akan lebih percaya diri, lebih bersemangat, mengikuti tahapan, bekerja sama dengan orang lain, tekun didalam mencoba dan menikmati keberhasilan dengan santun. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memulai program napak tilas seukses ananda, diantaranya :
  1. Top of mind, memilih jenis sukses anak yang sarat dengan nilai dan menjadi top of mind baginya serta kita menguasai konteks sukses tersebut.
  2. Relevansi, pertanyaan dan pernyataan yang kita kembangkan saat program napak tilas ini harus disesuaikan dengan tingkat berfikir dan kondisi psikologis anak.
  3. Subyek, pada saat napak tilas kita membimbing anak untuk mengidentifikasi proses dan tahapan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dengan tetap menjadikan anak sebagai subyek bagi dirinya sendiri.
  4. Pemilihan Waktu, waktu yang tepat akan sangat menentukan berhasil atau gagalnya program ini. Waktu menjelang tidur atau pada saat ia tidak melakukan sesuatu yang menarik bagi dirinya adalah waktu yang lebih baik daripada saat ia bermain-main dengan teman-temannya. Begitu juga dengan rentang waktu antara sukses anak dan program ini disarankan untuk tidak terlalu jauh karena mungkin sudah tidak terlalu berminat membicrakannya, disamping itu anak akan kesulitan mengingat kembali proses dan perasaan yang ia alami.
  5. Suasana Dialogis, membangun suasana seperti itu dengan menerima seluruh argumentasi apapun dari anak. Target kita hanyalah membuatkan kerangka mental bagi semua yang telah mereka fikirkan, rasakan dan lakukan. Kemudian memberikan nilai-nilai yang terkait dengan itu semua. 
Demikian rangkuman dari buku "Napak Tilas Sukses Anak" karya Miftahul Jinan. Untuk memulainya maka kita harus menghadapi tantangan identifikasi jenis peristiwa / momen sukses anak yang mudah dinapak tilasi terlebih dahulu. Selamat mencoba buda, salam sukses untuk Ananda.

Bunda Zahira
Bojonegoro, 04 Januari 2018

Sumber :
Jinan, Miftahul. 2011. Napak Tilas Sukses Anak. Sidoarjo : Filla press

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
 

CAHAYA HATI Template by Ipietoon Cute Blog Design