Friday, January 5, 2018

Smart Parenting For Smart Student Part 1

Bismillahirrohmaanirrohiim...

Pada bab ini, saya akan merangkum buku "Smart Parenting For Smart Student" karya Miftahul Jinan tentang Guru Anakku.

Banyak orangtua merasa iri betapa putra-putri mereka lebih senang mendengarkan dan menuruti kata-kata gurunya daripada kata-kata orang tuanya. Sebenarnya, benarkah kita merasa iri dan khawatir akan sikap putra-putri kita tersebut? Beberapa psikolog justru melihat fenomena tersebut sebagai sebuah kesuksesan dari suatu proses pendidikan. Anak yang selama ini hanya menerima otoritas orang tua telah mengalami perkembangan sosial. Ia mau menerima otoritas orang lain yaitu otoritas gurunya. Dalam hal ini, salah satu tugas perkembangannya telah terlampaui yaitu semakin meningkatnya skill sosial dengan menjadikan gurunya sebagai orang lain yang dipercayai.
Disamping masalah perpindahan otoritas, fenomena tersebut mungkin dipicu karakter orang tua yang jarang sekali memberi kesempatan anak untuk berbicara. Berbahagialah orang tua yang putra-putrinya menempatkan kepercayaan kepada gurunya yang nota bene bertanggung jawab kepada kebaikan mereka daripada kepada teman-temannya dahulu.

Kata kuncinya adalah "attachment" kedekatan antara orang tua dan anak; apakah kita merasa telah dekat dengan anak dan mereka merasa dekat dengan kita. Jangan-jangan kita selaku orang tua merasa cukup dekat dengan anak, tetapi sebaliknya mereka tidak merasakan kedekatan itu dengan kita. Astaghfirullah hal adziim.

Bunda Zahira
Bojonegoro, 05 Januari 2018

Sumber :
Jinan, Miftahul. 2012. Smart Parenting For Smart Student. Jakarta Timur : Progressio Publishing

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
 

CAHAYA HATI Template by Ipietoon Cute Blog Design